Jalan-Jalan ke Gunung Papandayan, Garut

Salah satu tempat yang indah dan sulit dilupakan di Garut adalah Gunung Papandayan

Seringkali kita bingung kalau mencari tempat wisata. Kalau kita ingin berwisata menikmati salah satu temapat dengan pemandangan yang sangat indah, Gunung Papandayan di Garut bisa menjadi pilihannya.

Waktu saya mengajak ibu saya untuk berwisata dan mengatakan akan mengajak ke Garut, komentar ibu saya adalah “Memangnya ada apa di Garut ?”. Pertanyaan ini memang seringkali ada di kepala kita ketika kita mau menentukan kemana tujuan wisata kita. Tapi sebenarnya di Garut ada beberapa destinasi wisata yang sangat indah khususnya bagi yang ingin menikmati indahnya pemandangan selain menikmati udara segar dan kesejukan hawa pegunungan. Gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat indah pemandangannya.

Kota Garut dapat ditempuh dari Jakarta sekitar 4-5 jam perjalanan dengan mobil jika tidak ada kemacetan berarti. Gunung Papandayan dapat ditempuh dari kota Garut sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan dengan mobil. Jalan dari kota Garut ke Gunung Papandayan cukup mulus.

Sesampainya kami di tempat parkir gunung Papandayan, saat itu cuaca cerah tetapi angin berhembus sangat kuat. saking kuatnya angin berhembus bahkan bisa menyulitkan kami berjalan saat itu.

Ini saat kami siap untuk mulai memasuki jalan menanjak menuju kawah Gunung Papandayan

Jalan menuju kawah dari parkiran mobil sangat bagus tapi menanjak, tapi Ibu saya yang saat itu berumur 72 tahun masih sanggup mengatasi jalan menanjak itu. Sepanjang jalan menanjak itu kita akan dipuaskan dengan pemandangan yang indah dan tempat-tempat spot untuk berfoto yang menarik.

Salah satu tempat berfoto yang menarik

Sesampainya di puncak jalan yang menanjak, kita memasuki areal yang dipenuhi batu2 kapur putih. Di posisi ini mata kita akan dipuaskan dengan pemandangan yang sangat indah.

Akhirnya Ibu saya bisa menuntaskan jalan tanjakan yang cukup tinggi……

Dan kalau mau ke kawah masih ada perjalanan melalui jalan setapak yang berbatu-batu tetapi cukup landai dan mata kia akan terus dipuaskan dengan pemandangan yang indah di sekitar Gunung Papandayan. Ketika saya melihat pemandangan yang begitu indah di atas gununng Papandayan tersebut, saya hanya bisa bersyukur saya tinggal di negeri yang indah ini, yang Tuhan berikan dan saya ingat kembali betapa luar biasanya Tuhan yang menciptakan alam ini. Ternyata Indonesia ini begitu indah dan Tuhan yang menciptakan negeri ini begitu luar biasa.

Ketika Ibu saya melihat pemandangan yang indah itu, beliau juga mengamini bahwa Tuhan kita luar biasa yang menciptakan alam yang indah ini dan kita bersyukur bisa tinggal di negeri Indonesia yang indah ini. Jadi terjawablah pertanyaan Ibu saya, “memangnya ada apa di Garut ?”

Pemandangan Gunung Papandayan
Pemandangan Gunung Papandayan

Bersyukur Tuhan memberikan saya kesempatan menikmati ciptaan Tuhan yang indah ini……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *